Amalan Serta Doa agar Anak Nurut dan Tidak Nakal, Bunda Perlu Tahu Nih

362 views

AKAL SEHAT – Orang tua selalu mendoakan yang terbaik untuk putra putrinya. Salah satu yang paling sering dipanjatkan pada Allah SWT adalah doa agar anak-anak nurut dan tidak nakal.

Sebenarnya anak-anak itu tidak ada yang nakal, Bunda. Biasanya masyarakat menganggap anak yang sering enggak patuh pada orang tua dan berperilaku enggak wajar sebagai anak yang nakal. Padahal menurut pakar, anak-anak tersebut seringkali hanya korban dari lingkungan yang nggak kondusif lho, Bunda

Dokter Ahmad Suryawan SpA(K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak RS Dr Soetomo Surabaya, mengatakan bahwa perkembangan anak terutama otak secara garis besar terjadi dalam tiga tahap.  Terjadi pada umur nol hingga satu tahun, satu hingga tiga tahun, dan tiga hingga enam tahun. Dalam tiga tahap tersebut sikap anak bisa berubah dan orang tua perlu menyikapinya dengan cara berbeda.

“Banyak orang tua datang ke saya membawa anaknya dengan keluhan bahwa anaknya susah diatur, bandel, dan hiperaktif. Setelah saya periksa ternyata tidak ada masalah apa-apa dengan anaknya, nah kalau gini kan berarti yang bermasalah orangtuanya dong?” kata pria yang akrab disapa dr Wawan ini seperti dilansir detikHealth.

Disampaikan pakar edukasi Dr.Rosetta Williams, orang tua perlu tahu bahwa anak-anak menjalani tahapan yang berbeda dalam hidup mereka. Ingat juga bahwa anak kita unik, berbeda dengan anak lain. Makanya, perlu banget orang tua menyesuaikan gaya pengasuhannya dengan kebutuhan anak.

“Orang tua memainkan peran kunci dalam perkembangan anak. Seiring waktu, anak-anak belajar nilai-nilai sosial dan moralitas dari orang tua, karena itu orang tua bertanggung jawab atas keberhasilan anak-anaknya,” kata Williams melansir dari Medium.

Selain kebiasaan dan pola pendidikan yang baik, ada satu hal yang tidak bisa ditinggalkan yakni doa. Karena doa memiliki kekuatan luar biasa dalam menuntun kita mendidik anak. Dalam mendidik anak-anak, ternyata ada amalan yang biasa dia kerjakan setiap selesai habis salat.  Bunda bisa membaca doa ini tiga kali setiap selesai salat.

“Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yunin waj’alna lilmuttaqina imama.”

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan-keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Selain amalan di atas, Ustaz Ahmad Zahrudin M. Nafis menyarankan untuk mengamalkan ajaran Nabi Muhammad. Ada doa yang dianjurkan untuk dibacakan di telinga anak.

“Mohon maaf buat orang tua yang merasa anaknya nakal, sulit diatur, sulit dikendalikan, atau bengal. Ini doa yang dibaca, dibaca di telinganya. Terserah apa pas anak masih melek, atau kalau susah dan enggak mau doa dibacakan saat anak sedang tidur. Setiap hari dibaca pelan-pelan dan sungguh-sungguh anak jadi saleh, dan mudah diatur, jadi anak yang menyenangkan orang tuanya,” ungkap Ahmad dikutip dari kanal YouTube miliknya.

Adapun doa yang dibaca yaitu surat Al Imron ayat 83 yaitu, “Afaghayra dini llahi yabghuna walahu aslama man fis samawati wal ardi taw’an wakarhan wailayhi yurja’un.”

Artinya: Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah lah mereka dikembalikan. Selamat mencoba ya, Bunda, dengan harapan si kecil nurut dan mudah diatur ke depannya.

Tags: #Anak #Bunda #Doa #Nakal #Nurut dan