Wow Indahnya Danau Baikal Rusia yang Masih Belum Banyak Orang Tahu

144 views

Danau bisa menjadi salah satu pilihan wisata yang tidak biasa. Kalau kamu merencanakan untuk liburan akhir tahun, kamu dapat mencoba Danau Baikal. Danau ini terletak di Rusia dan memiliki kondisi alam yang cantik. Seperti apa sih potret cantik dan indahnya Danau Baikal? Simak yuk!

Danau Terbesar dan Terdalam

Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar secara volume dan danau terdalam di dunia. Agak berbentuk seperti bulan sabit, danau ini berada di wilayah Siberia selatan Rusia. Pada tahun 1996 dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain itu, Danau Baikal adalah danau tertua di dunia. Danau ini merupakan rumah bagi sekitar 1.700 hingga 1.800 spesies tanaman dan hewan endemik. Selain itu, ia menampung 20 persen air tawar dunia, karena kedalaman danau tersebut.

Melihat Anjing Laut

Sekitar 80 persen dari lebih dari 3.700 spesies yang ditemukan di Danau Baikal adalah endemik, artinya mereka tidak ditemukan di tempat lain di Bumi. Mungkin yang paling terkenal dari spesies ini adalah nerpa, satu-satunya anjing laut air tawar eksklusif di dunia. Para ilmuwan tidak yakin bagaimana nerpa datang ke Danau Baikal dan berevolusi, tetapi mereka menduga anjing laut itu mungkin telah berenang di sungai prasejarah dari Kutub Utara, menurut Danau Baikal. Cobalah cari nerpa saat kamu menjelajahi danau.

Musim Dingin di Danau Baikal

Di musim dingin, biasanya pada awal Januari kamu dapat bermain melintasi danau (yang, pada titik ini di tahun tersebut sering kali membeku setebal 2m). Air danau berubah menjadi lebih biru, dan garis-garis besar membentuk pola silang-silang putih di permukaan sementara di tempat lain, es adalah pirus cerah. Kadang kamu bahkan bisa melihat menembus es ke danau di bawah ini, menginjakkan kaki di atasnya seperti berjalan di atas kaca.

Menikmati Senja di Danau Baikal

Kamu juga dapat menikmati keindahan Danau Baikal ini ketika senja. Pantulan cahaya matahari senja menciptakan gradasi yang indah dengan air Danau Baikal yang membeku sebagian.

Karakteristik yang Unik

Danau Baikal adalah satu-satunya danau yang sangat dalam yang memiliki air beroksigen pada kedalaman terendahnya, seperti samudra, menurut sebuah artikel 2009 di BioScience. Danau Baikal dianggap sebagai salah satu danau paling jelas di dunia. Selama musim panas, ketika danau penuh dengan es yang mencair dari pegunungan Siberia, terkadang memungkinkan untuk melihat lebih dari 130 kaki (39m) ke bawah.

Kejelasan yang menakjubkan adalah hasil dari kemurnian es yang meleleh, plankton yang memakan puing-puing mengambang dan kurangnya garam mineral di danau. Danau Baikal mungkin lebih hangat daripada bagian lain Siberia, tetapi di musim dingin masih sangat dingin. Suhu udara rata-rata di musim dingin adalah minus 6F (-21 C).

Tags: #Danau Baikal #Rusia