Cari Tahu Tempat Liburan Keluarga yang Paling Asyik, Ya Kebun Binatang

135 views

Kebun binatang adalah destinasi liburan keluarga yang simpel, tapi tak pernah habis gaya. Inilah tempat paling sempurna dimana anak-anak belajar tentang hewan dan orangtua juga tetap bisa menikmati suasana libur serunya.

Kalau boleh dibilang, liburan ke kebun binatang adalah liburan yang paling standar untuk dilakukan sebuah keluarga. Pergi outdoor, melihat hewan dan juga menikmati tamannya serta menikmati bekal makanan yang dibawa. Selalu dan selalu begitu, baik di Indonesia dan di luar negeri.

Tapi kemudian toh, orang tidak pernah berhenti liburan ke kebun binatang, karena pesonanya memang tidak pernah berkurang. detikTravel dalam Travel Highlight kali ini mengangkat tema kebun binatang sebagai destinasi wisata favorit di dalam dan luar negeri.

Kebun binatang menjadi media pembelajaran anak-anak tentang dunia hewan. Tapi tak menutup kemungkinan orang tua dan dewasa untuk juga menikmati suasana di sana.

Indonesia punya banyak kebun binatang dan tersebar dari barat sampai Indonesia Timur sana yang tergabung dalam Indonesia Zoo & Aquarium Association (IZAA) atau Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI). Mulai dari Taman Margasatwa & Budaya Kinantan, di Bukittinggi, sampai Sinka Island Park yang terletak di Singkawang, Kalimantan Barat. Taman Margasatwa Ragunan, semua orang pasti tahu karena begitu populer.

Nah, di Indonesia ada anggapan soal kebun binatang yang tidak terurus, kumuh dan asal ada binatangnya. Kritikan publik itu tidak sepenuhnya salah. Buktinya, kasus matinya hewan di Kebun Binatang Surabaya adalah potret kurang terurusnya kebun binatang di dalam negeri.

Tapi di sisi lain, kebun binatang di Indonesia juga bisa tampil keren. Batu Secret Zoo di Batu, Maharani Zoo di Lamongan adalah contoh kebun binatang modern dan canggih di Indonesia. Taman Safari di Bogor, Prigen dan Bali juga selalu dipuji dengan konsep alam liar dan aneka wahana hiburannya.

Yang jelas, survei Twitter yang digelar detikTravel menunjukan ada 6 kebun binatang yang paling disuka para pembaca detikTravel. Apa saja? Nanti silakan simak dalam detik artikel Travel Highlight. Bahkan ternyata, Jakarta saja punya 7 tempat untuk melihat hewan-hewan keren baik aquarium ikan sampai tempat khusus kupu-kupu.

Bagaimana dengan di luar negeri? Ada aneka kebun binatang yang populer di dunia karena dianggap yang terbaik, atau malah terluas dari segi ukuran. Wina di Austria terkenal dengan kebun binatang paling tua di dunia. Ada juga yang populer karena koleksi hewan-hewan uniknya.

Belum lagi aneka kebun binatang dengan tema-teman unik di dunia. Beberapa malah punya kisah unik dan seru hewan-hewan koleksi mereka yang melarikan diri. Sementara sebuah kebun binatang di Lujan, Argentina dianggap kontroversial karena membolehkan wisatawan berfoto dengan hewan buas mereka.

Kebun binatang dianggap sebagai destinasi wisata paling biasa, paling standar, paling basic dan pasaran, selain juga murah meriah. Tapi justru sebagai sebuah destinasi wisata paling pasaran itulah kebun binatang menarik ribuan orang untuk datang, mungkin juga Anda dan keluarga.

Toh, segala tingkah laku hewan memang selalu menarik untuk diamati. Nikmatilah singa mengaum, gajah menggulung daung dengan belalainya, orangutan bergelantungan dan buaya menganga di tepi kolam. Jadikanlah kebun binatang terdekat dengan Anda, menjadi destinasi liburan akhir pekan kali ini.

Tags: #Kebun Binatang #Liburan Keluarga