Berlibur KeDanau 5 Warna, Keajaiban Alam Lembah Jiuzhaigou

117 views

Jika ada tempat paling ajaib di atas Bumi, Lembah Jiuzhai harus menjadi salah satunya. Di sini ada danau cantik dengan air yang berwarna-warni. Menyajikan pemandangan alam yang seperti mimpi. Keindahannya sungguh memanjakan mata, tak cukup kata untuk mendeskripsikan Lembah Jiuzhaigou di China.

Pastinya destinasi ini wajib kamu tambahkan di bucket list liburan kamu. Ini juga yang menjadi alasan saya untuk mendarat di Sichuan di petualangan China kali ini. Adanya Lembah Jiuzhai yang pesonanya bagai negeri impian atau ajaib, yang tidak biasa kita jumpai di kehidupan nyata.

Lembah Jiuzhai atau dikenal dengan Taman Nasional Jiuzhaighou berada di distrik Jiuzhaigou sekitar 450 KM sebelah utara Chengdu, ibukota provinsi Sichuan.

Taman Nasional Jiuzhaigou mencakup area seluas 72000 hektar yang terdiri dari 3 lembah utama. Lembah Shuzheng, Rize dan Zechawa. Ketiganya membentuk huruf Y. Pemandangan yang diberikan sangat jauh dari ekspektasi.

Terdapat 108 danau tersebar di ujung-ujung lembahnya. Danau-danau tersebut berwarna-warni dengan air yang sangat jernih. Saking jernihnya kita bisa melihat isi dan dasar dari danau tersebut.

Di antaranya Five Flower Lake danau 5 warna, Mirror Lake sebening kaca, Five Color Pond yang airnya paling terang dan jernih, Panda Lake, Long Lake dan masih banyak lagi.

Tidak hanya danau-danau berkilauan, ada juga beragam air terjun yang kecantikannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebut saja Pearl Shoal Waterfall yang lebarnya 310 meter menyerupai tirai mutiara.

Ada juga Nuorilang Waterfall yang lebarnya 320 meter, yang merupakan air terjun dataran tinggi terluas di China, serta air terjun Travertine terluas di dunia yang menjadi symbol dari Jiuzhaigou. Ada juga Shuzheng Waterfall dan masih banyak lagi.

Selain itu Lembah Jiuzhai juga memiliki hutan alam hijau yang mencakup area hampir 30.000 hektar. Dengan beragam flora dan fauna di dalamnya. Yang mengkoleksi hampir 3.000 spesies tanaman darat dan air termasuk beberapa di antaranya dilindungi.

Beragam flora ini menyediakan lingkungan yang bagus untuk binatang buas. Ada 170 spesies vertebrata, 141 spesies burung dan 12 spesies binatang langka.

Lembah Jiuzhai dikelilingi oleh pegunungan yang tertutup salju. Dahulunya area ini terpencil dan tersembunyi yang dihuni beragam suku Tibet dan Qiang selama berabad-abad. Yang masih terlihat peradabannya sampai sekarang.

7 dari 9 desa Tibet masih berpenghuni. Mereka melayani wisatawan di jalur utama dengan berjualan souvenir, kerajinan tangan dan makanan.

Sampai tahun 1975 tempat ini masih sulit dijangkau dan tidak diketahui. Hingga tahun 1982 pemerintah China melarang berbagai kegiatan dan membuat Lembah Jiuzhai sebagai taman nasional yang dibuka pada tahun 1984.

Sejak pembukaannya kunjungan turis terus bertambah di setiap tahunnya. Pada tahun 1992 UNESCO telah menetapkan Lembah Jiuzhai sebagai situs warisan dunia dan cagar biosfer dunia pada tahun 1997.

Pada Agustus 2017 gempa bumi berskala 7 menghantam distrik Jiuzhaigou yang menyebabkan Lembah Jiuzhai ditutup sampai tanggal 3 Maret 2018. Tapi sayang, beberapa bulan setelah pembukaannya kembali terjadi hujan lebat yang mengakibatkan banjir bandang di Jiuzhaigou.

Lembah Jiuzhai adalah mahakarya alam terhebat dengan pemandangan bak negeri impian, perpaduan antara danau biru, air terjun, hutan hijau, pegunungan salju serta suku Tibet dengan adat istiadatnya. Belum ada tempat lain yang mampu menandingi keindahannya.

Tempat ini membuat kami lebih bersyukur akan indra penting kita, mata. Tanpa mata, kita tidak bisa menikmati keindahannya. Kesehatan kita juga penting, karena tanpa ini kita tidak akan sampai di sini. Semua anugerah dan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa memang tiada banding. Tugas kita adalah untuk senantiasa bersyukur atas karunia-Nya.

Tags: #Danau 5 Warna #Jiuzhaigou #Lembah