Viral Pendaki Pose Tanpa Busana di Gunung Gede, Mengaku untuk Riset Seni

163 views

Baru-baru ini unggahan foto bu**l pendaki beredar di media sosial. Unggahan itu foto bu**l pendaki Gunung Gede Pangrango. Dalam unggahan itu terlihat dua pendaki laki-laki berpose tanpa sehelai benang di alun-alun dengan latar belakang gunung.

Unggahan tersebut seketika menghebohkan warganet. Tak sedikit yang mempertanyakan maksud aksi kedua pendaki. Lokasi dua laki-laki foto bu**l di Alun-alun Suryakancana, Gunung Gede, Jawa Barat. Kini seusai viral, beredar video yang menampilkan dua pria diduga pendaki yang foto bugil memberikan klarifikasi. Video klarifikasi tersebut dibagikan melalui akun Instagram @prau_mountain, Jumat (23/10/2020).

Dalam video itu, dua pria masing-masing E dan BR menyampaikan permohonan maaf atas foto yang beredar. “Mohon maaf kepada yang kurang berkenan dan tidak menyukai postingan saya dan E di Instagram pribadi milik kami, khususnya untuk masyarakat Jawa Barat dan juga teman-teman pendaki Indonesia,”

Kedua pendaki lantas menjelaskan foto bu**l yang diunggah ke media sosial. Menurut mereka, itu merupakan bagian dari riset seni. Riset tersebut bertajuk berekspresi dengan tubuh untuk menyuarakan protes terkait hak-hak individu dan perjuangan gender.

“Kami juga ingin klarifikasi terhadap foto yang kami unggah di sosial media. Bahwasanya foto itu adalah bagian dari riset kami, riset artistik kami yang bertema fast fashion yang menuju kepada nudism,” ujar pendaki. “Nudism yang dimaksud di sini itu menyuarakan protes atau advokasi melalui tubuh yang biasanya disuarakan untuk hak-hak individu atau mungkin perjuangan gender, seperti itu,” sambungnya.

Kendati begitu, kedua pendaki mengaku keliru mengunggah riset tersebut ke media sosial sehingga bisa disalahgunakan. Alhasil tujuan mereka berekspresi dimaknai berbeda.

“Dan kami juga mengakui kesalahan atas ketidakcermatan dalam menempatkan dokumen riset dalam sosial media kami, khususnya Instagram ya. Yang mungkin bisa disalahgunakan dan diinterpretasi ulang fotonya. Di sini kami belajar dari kesalahan,” kata mereka. Di akhir video, mereka kembali menyampaikan permohonan maaf dan akan menjadikan kejadian ini sebagai pelajaran.

Tags: #FOTO KESEHATAN